Faperta

Praktikum Dasar

Faperta

Tempat Parkir Dalam

Faperta

Pembekalan PKL

Faperta

Gedung Kuliah Fakultas Pertanian

Faperta

Praktek Kerja Lapangan

Selamat Hari Sumpah Pemuda

  • Category: Berita
  • Published: Saturday, 28 October 2023 01:04
  • Written by jumani
  • Hits: 323

Selamat Hari SUmpah Pemuda 2023

Memperingati Sumpah Pemuda 2023Sejarah Singkat Sumpah Pemuda

Melansir dari situs resmi Museum Sumpah Pemuda, gagasan Hari Sumpah Pemuda berawal dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) yang merupakan sebuah organisasi pemuda beranggotakan pelajar dari seluruh Indonesia.

Organisasi ini mulai merencanakan sebuah Kongres Pemuda Kedua yang bertujuan untuk memperkuat rasa persatuan dan kebangsaan Indonesia yang telah tumbuh dalam sanubari para pemuda-pemudi bangsa.

Untuk mendukung keberhasilan kongres kedua ini, para pemuda terlebih dahulu mengadakan perencanaan melalui sebuah pertemuan pada 3 Mei 1928 dan 12 Agustus 1928.

Dari dua pertemuan tersebut, para pemuda-pemudi membahas hal-hal yang berhubungan dengan pembentukan panitia kongres, susunan acara, waktu, tempat hingga biaya yang dibutuhkan. Dari pertemuan itu juga dilakukan kesepakatan bahwa kongres Pemuda Kedua akan diselenggarakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928.

Kongres tersebut pun akan digelar di tiga lokasi yang berbeda. Yakni di gedung Katholieke Jongenlingen Bond, Oost Java Bioscoop, dan Indonesische Clubgebouw (Rumah Indekos, Kramat No. 106).

Dari kongres itulah disepakati keputusan bersama yang menciptakan sebuah 'Sumpah Pemuda'. Keputusan ini kemudian dibacakan oleh Sugondo Djojopuspito dan dirumuskan oleh Mohammad Yamin.

Istilah Sumpah Pemuda ini mengandung sebuah makna agar pemuda-pemudi Indonesia senantiasa mencintai Tanah Air Indonesia, menjaga dan merawat persatuan kita sebagai sebuah bangsa, serta menjunjung penggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Berkenaan dengan kongres itulah, tanggal 28 Oktober pun jadikan hari untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda. Melalui Peringatan ini menjadi momentum yang tepat untuk mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah perjuangan para pemuda-pemudi bangsa yang telah menebarkan semangat jiwa patriotisme. Berkat perjuangan para pemuda-pemudi jugalah Indonesia berhasil menyatukan visi kebangsaan dan mampu melahirkan sebuah komitmen tinggi tentang kebangsaan (detikcom2023).